Harga Darbuka Terbaru, Murah dan Berkualitas

Alat musik merupakan salah satu unsur yang sangat berperan penting dalam menghidupkan sebuah lagu. Lagu yang tak diiringi oleh lantunan alat musik akan terdengar hambar dan seakan tidak bernyawa. Bicara mengenai alat musik tentunya tak akan ada habisnya karena terdapat begitu banyak alat musik baik yang tradisional, modern, atau bahkan alat musik yang berasal dari negeri orang. Seperti salah satu alat musik yang akan diulas berikut ini, darbuka, apakah Anda sudah pernah mendengarnya?

Darbuka mungkin masih cukup asing di telinga masyarakat Indonesia. Bagi Anda yang belum mengetahuinya, darbuka merupakan salah satu instrumen atau alat musik yang berasal dari Timur Tengah, tepatnya negara-negara seperti Arab, Mesir, maupun Turki. Alat musik ini memiliki bentuk yang cukup unik, yaitu menyerupai jam pasir atau sebuah piala. Darbuka termasuk salah satu jenis alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul pada salah satu sisinya. Darbuka mungkin tidak begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia, namun di negara Mesir dan Turki popularitas darbuka sangatlah tinggi.

Baca Juga: Harga Rebana Terbaru, Terbaik, Murah dan Berkualitas Tahun 2017

Genre Musik Apa Saja Yang Biasanya Diiringi Oleh Darbuka?

Di negara asalnya, Timur Tengah, darbuka biasanya digunakan untuk menghidupkan sebuah upacara dan sebagai musik pengiring berbagai jenis tarian. Adapun di Mesir ataupun Turki, darbuka ini identik dengan tarian seperti bellydance. Lalu bagaimana dengan di Indonesia? Di negara kita sendiri penggunaan darbuka sangatlah berbeda dari negara asalnya. Musik bertema religi ataupun musik gambus seringkali dijadikan sarana untuk memainkan darbuka ini.

Bagaimana Cara Memainkan Darbuka?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, darbuka merupakan salah satu jenis alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul pada salah satu sisinya. Oleh karena itu, memainkan darbuka ini sebenarnya cukup mudah. Namun demikian tetap saja agar menghasilkan irama yang harmonis dibutuhkan skill yang tak biasa untuk memainkan alat musik ini.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memainkan alat musik jenis perkusi ini. Cara yang pertama adalah dengan posisi duduk dan kaki yang bersila. Dalam posisi yang demikian, Anda dapat menempatkan darbuka dengan cara dipangku dan ditahan menggunakan tangan kiri ataupun tangan kanan (pilih yang lebih nyaman). Kemudian mainkan darbuka dengan cara memukulnya menggunakan jari-jari tangan. Memukul membran darbuka tak perlu terlalu kencang seperti memukul kendang, cukup pukul dengan ringan menggunakan telapak tangan serta jari jemari.

Baca Juga: Harga Speaker Aktif Polytron Terbaru dan Terbaik Tahun 2017

Cara kedua yang dapat dilakukan untuk memainkan darbuka kurang lebih sama dengan cara yang pertama. Perbedaannya terletak pada posisi duduk. Anda bisa menempatkan diri pada posisi duduk di kursi dengan kaki yang tidak bersila, kemudian jepitlah darbuka menggunakan kedua kaki. Dalam posisi seperti ini mungkin memainkan darbuka dapat teraa lebih nyaman dan asik.

Cara lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan mengikat darbuka pada sebuah tali lalu selempangkan alat musik ini pada bahu (seperti jika ingin menggunakan tas selempang). Cara yang demikian juga dinilai nyaman bagi sebagian orang untuk memainkan darbuka.

Jenis-jenis Darbuka

Secara umum terdapat dua jenis darbuka yang dapat ditemui saat ini. Kedua jenis tersebut adalah darbuka tradisional dan darbuka modern. Apa perbedaan keduanya?

1. Darbuka Tradisional

Darbuka tradisional adalah darbuka yang sudah ada sejak zaman dahulu. Darbuka tradisional biasanya dibuat dari tanah liat dan membran pukulnya berasal dari kulit.

2. Darbuka Modern

Berbeda dengan darbuka tradisional, darbuka modern memilih aluminium sebagai bahan dasar pembuatannya. Sedangkan membrannya terbuat dari jenis plastik ataupun logam.

Harga Darbuka Terbaru Sesuai Jenis dan Kualitasnya

Berikut ini daftar harga darbuka yang mungkin bisa membantu Anda sebagai acuan sebelum memutuskan untuk membeli.

Nama Barang/Merk/Tipe Harga
Dumbuk pinggang Alumunium Cor Full Body 8 Inch Darbuka Calti RP 750.000
Rebana Hadroh Dumbuk Batu Calti Darbuka Marawis Polos - Natural RP 585.000
Dumbuk Batu Darbuka Batik RP 700.000
Dumbuk Calti Darbuka Body Kayu Tutup Alumunium Cor RP 750.000
Dumbuk Calti Darbuka Pinggang Marawis Batik RP 450.000
Dumbuk Calti Darbuka Mesir Alexandria RP 1.600.000
Dumbuk Batu Darbuka Batik - 2 Pcs RP 1.200.000
Darbuka Alumunium Cor 8 3/4 Inch Dumbuk Calti RP 1.100.000
Darbuka Alumunium Cor 8 Inch Dumbuk Calti RP 950.000
Dumbuk Batu Calti Darbuka Marawis Batik - Dasar Hitam RP 750.000

Itulah ulasan singkat mengenai alat musik darbuka. Saat ini darbuka dapat dibeli secara online di berbagai online shop yang tersedia. Harga untuk satu buah darbuka tidak terlalu mahal, hanya berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 900.000 tergantung dari kualitas, motif darbuka, dan bahan darbuka itu sendiri. Meski demikian ada pula beberapa darbuka yang harganya mencapai 1 juta rupiah atau bahkan lebih. Darbuka jenis ini biasanya didesain dengan lebih bagus sehingga harga jualnya pun lebih mahal. Tertarik untuk mencobanya?

Harga Darbuka Terbaru, Murah dan Berkualitas | Silvia Nadiya | 4.5