Harga Gitar Akustik Terbaru, Murah dan Berkualitas

Gitar adalah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik menggunakan jari tangan maupun plektrum. Gitar sendiri memiliki 3 jenis, yaitu gitar akustik, gitar bass, dan gitar elektrik/listrik. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai apa itu gitar akustik dan merk gitar akustik asli Indonesia yang berkualitas.

Baca Juga: Harga Ukulele

Pengertian Dan Jenis Gitar Akustik

Sebelumnya, kita pahami terlebih dahulu pengertian gitar akustik. Alat musik ini merupakan alat musik sejenis gitar dimana suara yang dihasilkan berasal dari getaran senar yang dialirkan melalui sadel dan jembatan pengikat senar ke dalam ruang senar. Gitar akustik memiliki bagian yang berlubang pada badannya (hollow body). Hal tersebut membuat suara yang dihasilkan cukup keras tanpa bantuan elektrik atau speaker. Gitar akustik biasanya terbuat dari kayu, dan jenis kayu ini akan mempengaruhi suara yang dihasilkan.

Baca Juga: Harga Biola Yamaha Terbaru 

Gitar akustik sendiri dibagi menjadi dua jenis yaitu gitar folk (string) dan gitar klasik (nylon). Gitar folk menggunakan senar string yang terbuat dari besi atau stanlees, sedangkan gitar klasik menggunakan senar berbahan nylon. Suara yang dihasilkan senar string lebih keras dibanding senar nylon. Bagian gitar akustik terdiri atas beberapa bagian yaitu tuning machine, headstock, nut, neck, fingerboard, fret, straps pin, string, body (badan gitar), pick guard, bridge, dan end pin.

Seiring perkembangan zaman, banyak merk ternama dunia yang menghasilkan gitar berkualitas. Beberapa perusahaan luar ternama yang memproduksi gitar akustik berkualitas yaitu Marti, Fender, Yamaha, Gibson, Taylor, dan Epiphone. Tak mau kalah dengan gitar-gitar ternama luar negeri, di Indonesia juga memiliki gitar akustik yang berkualitas. Berikut ini adalah salah satu merk asli dalam negeri yang memproduksi gitar berkualitas.

Gitar Akustik Buatan Indonesia

1. Stranough Guitar The Imperial

Stranough merupakan salah satu produsen gitar asli indonesia yang berasal dari Bandung. Stranough didirikan oleh Muhammad Satrianugraha yang kerap disapa Hanung pada tahun 2002. Sedikit informasi, bermula dari tidak bisa membeli gitar impian seharga 19 juta maka Hanung memutuskan untuk membuat gitar sendiri dan akhirnya berlanjut hingga membuat perusahaan produsen gitar bernama Stranough. Pemasarannya tak hanya di dalam negeri, melainkan sampai ke luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Australia, Amerika Serikat, Jepang, dan BelAnda.

The Imperial adalah salah satu gitar akustik premium yang diproduksi oleh Stranough Guitar. Gitar ini didesain unik dan memiliki tampilan yang elegan dengan arm-bevel nya , serta memiliki suara berkualitas tinggi. Senarnya menggunakan steel string, Top gitar menggunakan spruce padat, bagian neck menggunakan mahoni, bagian belakang dan samping menggunakan rosewood, sedang kan bagian fretboard nya menggunakan eboni. White dot berukuran 25,5 inch, dan memiliki 21 fret (medium fret) dengan skala 14 inch. Bagian back center dan body menggunakan maple, serta dilengkapi bone nut dan saddle. Suara yang dihasilkan berkualitas tinggi, tidak kalah dengan gitar-gitar akustik buatan produsen luar negeri.

Baca Juga: Harga Harmonika

Jadi gitar ini sangat recommended bagi Anda pecinta gitar akustik, dan ingin membeli produk negeri sendiri. Sebagai warga negara Indonesia memang sepantasnya kita bangga membeli produk sendiri. Keunggulan dari Stranough ini adalah bisa custom gitar, jadi Anda bisa membeli gitar sesuai keinginan atau kebutuhan Anda. Apabila Anda ingin membeli The Imperial Acoustic Guitar milik Stranough ini, Anda perlu menyiapkan uang sebesar Rp. 4.300.000 dengan kondisi masih baru. Harganya tidak terlalu mahal untuk gitar yang berkualitas tinggi seperti The Imperial ini.

Harga Gitar Akustik Terbaru Sesuai Jenis dan Kualitasnya

Selain rekomendasi gitar diatas, berikut ini daftar harga gitar akustik dari berbagai merk yang mungkin bisa dijadikan acuan sebelum memutuskan untuk membeli:

Nama Barang/Merk/Tipe Harga
CORT Gitar Akustik Elektrik AD810E Open Pore [AD-810E-OP] Rp. 1.840.000
CORT Gitar Akustik [SFX-ME-OP] - Open Pore Rp. 1.882.000
IBANEZ Gitar Akustik [AEG8TNE-BKF] Rp. 1.900.000
IBANEZ Gitar Akustik Elektrik [AEG8E] - Natural Rp. 2.070.000
CORT Gitar Akustik [SFX-ME-NAT] - Natural Rp. 2.331.000
CORT Gitar Akustik Elektrik [L100F-NS] - Natural Satin Rp. 2.690.000
CORT Gitar Akustik Elektrik [MR600F-NAT] - Natural Rp. 3.321.000
IBANEZ ARTWOOD Gitar Akustik Elektrik [AW70ECENT] - Natural Rp. 3.599.000
CORT Gitar Akustik Elektrik MR710F - Natural Rp. 4.041.000
CORDOBA Gitar Akustik Elektrik [C5-CE] - Natural Rp. 4.635.000
Yamaha Gitar Akustik Elektrik APX 500II Rp. 2.289.000
Yamaha Gitar Klasik C-315 Rp. 749.000
Yamaha Guitar F-310 Natural Rp. 1.118.000
Yamaha C-330 Gitar Akustik Rp. 999.000
Yamaha Klasik Guitar C 40 Rp. 1.139.000
Kepma Gitar Folk/Akustik A1C - Nat (Wood) Rp. 3.050.000

Pembelian gitar akan dilengkapi dengan Hardcase nya jadi tidak perlu pusing membeli tempatnya. Demikian pembahasan kali ini, semoga dapat membuka mata kita bahwa gitar produksi Indonesia juga tidak kalah dengan produk luar. Bahkan, produk kita dapat tembus pasar internasional.

Harga Gitar Akustik Terbaru, Murah dan Berkualitas | Silvia Nadiya | 4.5